Saturday 4 January 2014

PANTAI GOA CINA MALANG

Lokasi
Pantai Goa Cina terletak di kabupaten Malang, yaitu tepatnya di Malang bagiaan selatan berdekatan dengan pantai Sendang Biru. Jarak dengan pantai Sendang Biru dengan Pantai Goa Cina sekitar 6 KM ke arah barat, tepatnya berada di dusun Trowotratih, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Jarak antra malang Goa Cina sekitar 70an Km, kalau di tempuh menggunakan sepeda motor sekitar 2 jam sedangkan jika naik mobil dapat di tempuh kurang lebih 3 jam. Jika dari malang dan ingin menuju ke Pantai Goa Cina yaitu dari Malang-Turen sebelum turen ada pabrik gula Krebet belok kiri setelah itu lurus sampai mentok pertigaan PT Pindat belok kiri lurus kurang lebih 1 km belok kanan (ke arah sendang Biru) setelah itu lurus dan jika sudah menumukan pertigaan dan ada plang petunjuk arah pantai sendang biru. Selanjutnya belok kanan mengarah ke Pantai Bajul Mati. Setelah 5 km, di sebelah kiri jalan ada papan penunjuk Pantai Goa Cina. Setelah itu belok kiri dan melalui jalan makadam kira-kira 800 meter sampai akhirnya ada loket tiket masuk Pantai Goa Cina

Keistimewaan
Keistimewaan pantai Goa Cina ini adalah pantainya masih bersih, dan pemandangan alamnya yang masih asri dan masih alami dan beberapa pulau-pulau kecil di tengah laut ikut menghiasi keindahan alam pantai Goa Cina. untuk lebih jelasanya dapat di lihat pada gamabar dibawah ini.

Sejarah 
Pantai Goa Cina ini masih belum banyak dikenal jika dibandingkan dengan pantai lainnya yang berada di wilayah Malang seperti pantai Bale Kambang, Pantai Sendang Biru, dan pantai Kondang Merak. Di sekitar pantai yang ditemukan oleh pertapa keturunan cina (1950) ini juga terdapat banyak Goa sehingga pantai ini pun dinamakan dengan sebutan pantai goa cina. 
Konon katanya, sekitar tahun 1930-an, seorang pengembara Tionghoa dari Surabaya bernama Hing Hook, terdampar di sebuah pantai tersembunyi di Malang Selatan. Hatinya gundah gulana karena kemiskinan yang terus menderanya.(http://travel.detik.com)

Tarif Masuk
Tarif masuk ke pantai kita cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sedang ongkos parkir adalah Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 7000 untuk mobil. Beberapa fasilitas yang ada adalah warung makan, musala, kamar mandi, areal parkir dan lapangan untuk berkemah.


 











No comments:

Post a Comment