Saturday 11 January 2014

Penggandaan Skala (Scale Up)



Scale up adalah sebuah pekerjaan yang mendapatkan hasil produksi yang identik (jika memungkinkan) pada skala produksi yang lebih besar berdasarkan skala produksi yang telah ditetapkan sebelumnya. Walaupun tidak disebutkan, definisi scale up diatas mengasumsikan bahwa peningkatan kapasitas produksi berhubungan dengan peralatan yang secara fisik lebih besar dari peralatan produksi yang digunakan sebelumnya (Valentas et al., 1991).
Terdapat banyak masalah besar yang berhubungan dengan proses scale up dimana analisis dimensional tidak dapat diaplikasikan menyangkut analisis dari pengaruh variabel proses pada kebanyakan kualitas produk. Sebuah proses scale up yang tepat harus mempertimbangkan proses berikut ini (Valentas et al., 1991):
1.      Menentukan hasil proses produksi yang diinginkan
2.      Menentukan kriteria scale up awal, sebagai parameter yang membuat hasil proses yang diinginkan sesuai dengan skala sebelumnya.
3.      Menentukan kriteria kedua (secondary criteria) untuk proses scale up, yaitu perubahan secara mekanik dan fisik pada skala yang harus diketahui berdasarkan kriteria utama scale up.
Scale up erat hubungannya dengan pengembangan, manufaktur, dan kualitas, khususnya untuk mendokumentasikan semua produk yang prosesnya spesifik dan mentransfernya ke fasilitas manufaktur. Scale up  juga sangat mempengaruhi dalam penerapan pilot plant.
Penggandaan skala (scale up) merupakan tindakan menggunakan hasil penelitian yang diperoleh dari laboratorium untuk mendesain prototipe produk dan proses dalam sebuah pilot plant (Hulbert, 1998). Pengembangan produk (sumber dan formulasinya), pengujian unit operasi, pengembangan kinerja dari alat, dan penentuan titik kritis proses diperlukan untuk dapat melakukan penggandaan skala. Proses penggandaan skala membutuhkan ketahanan analisis dalam menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan, diantaranya analisis terhadap kondisi operasi, desain, dan proses optimum. Tahapan penerapan teknologi dapat dilihat pada Gambar 2.1 (Adisuko, 2001) 
Berdasarkan proses dan tingkat produksi yang diinginkan, penggandaan skala merupakan proses yang cukup sulit untuk diaplikasikan. Penggandaan skala merupakan proses menantang yang membutuhkan suatu perencanaan matang, fleksibel, dan pendekatan yang konsisten untuk meraih keberhasilan. Hal ini menyebabkan pergerakan produk dari tahap ke tahap akan menjadi lebih kompleks jika dijalankan dalam skala besar ini. Oleh karena itu, langkah yang harus diperhatikan dalam produksi skala besar diantaranya menentukan produk dan acuan paket termasuk definisi produk, ukuran, serta laju produksi (Scott, 2007)