Monday 30 December 2013

Jenis-Jenis Kertas



Menurut Atamimi (2009), penggolongan jenis dan nama kertas menurut "Tappi", yang mengacu pada Technical Information Paper - "TIP 0404-36 Paper Grade Classifaction", terdapat 12 jenis kertas antara lain:

a)Uncoated groundwood : Kertas yang tidak mempunyai lapisan, kertas jenis ini adalah kertas koran. Kertas ini memiliki gramatur 24 g/m2-75 g/m2.

b)Coated groundwood: umumya kertas ini berwarna kuning karena banyak pulp mekanis yaitu sebesar 10% sisanya menggunakan pulp kimia, mempunyai gramatur dari 45 g/m2 sampai 130 g/m2. Kertas jenis ini adalah majalah.

c)Uncoated woodfree: Kertas jenis ini mempunyai kandungan pulp mekanis lebih rendah dari 10%, tidak mempunyai lapisan coating pigmen sama sekali. Kegunaan kertas ini termasuk office papers (formulir, kertas fotokopi, kertas buku tulis, dan kertas amplop), kertas carbonless (NCR), dan kertas cetak atau  biasa sebut HVS untuk brosur, selebaran, iklan, dan bahkan kartu pos bila tebal.

d)Coated woodfree: Jenis kertas ini juga mengandung kurang dari 10% pulp mekanis. Gramatur kertas berkisar antara 70 gr/m2 dan 300 gr/m2.  Kertas ini umumnya digunakan untuk majalah, buku, cetak commercial dengan mutu yang tinggi dan mahal karena brightness yang relatif tinggi.

e)Kraft paper: jenis kertas ini biasanya digunkan sebagai, kertas bungkus, kantong dan karung. Gramatur berkisar antara 50 gr/m2-134 gr/m2.

f)Bleached paperboard: kertas ini biasanya digunakan untuk membuat box, dan kertas karton susu atau juice. Memiliki gramatur antara 200 gr/m2-500 gr/m2.

g)Unbleached paperboard: jenis kertas yang digunakan untuk membuat corrugated containers (corrugated box yang biasanya berwarna coklat). Berat gramatur umumnya 130 gr/m2 sampai 450 gr/m2. Kertas medium juga masuk dalam kategori ini yang dibuat dengan sebagian campuran kertas recycle.

h)Recycled paperboard: Pulp yang digunakan terdiri atas kertas recycle atau daur ulang, kertas ini digunakan untuk pelapis luar. Jenis kertas ini yaitu kertas medium dan kertas duplek.

i)MG Kraft specialties: Kertas jenis ini mempunyai permukaan dengan penampakan yang licin seperti kaca (glaze). Jenis kertas ini yaitu litho dan doorslag.
j)Tissue: Mayoritas kertas tisu digunakan untuk produk sanitasi seperti tisu gulung, towel, bathroom, napkins. Memiliki gramatur 13 gr/m2 sampai 75 gr/m2.

k)Market pulp: Pulp atau bubur kertas juga dikategorikan sebagai kertas yang dibagi jenisnya berdasarkan jenis kayu, proses pembuatan pulp, dan proses pemutihan atau bleaching. Bubur kertas dijual dalam bentuk lembaran, bal, dan gulungan.

l)Others: Kategori lain-lain digunakan untuk jenis kertas yang tidak masuk dalam  golongan kertas diatas. Kurang dari 5% jumlah kertas dunia masuk dalam kategori ini, jadi sebetulnya relatif kecil. Contohnya seperti kertas glassine, kertas tahan minyak, kertas release untuk sticker, dan kertas yang tersusun dari serat tetumbuhan bukan pohon (seperti kertas serat pisang abaca dll).