Monday 30 December 2013

Proses Pulping



Proses pulping atau pembuatan bubur kertas dapat diuraikan menjadi 9 bagian atau tahapan (Macklin, 2009) :
1. Woodyard : pada tahap ini, kayu-kayu gelondongan dilakukan proses pemotongan kayu menjadi ukuran lebih kecil serta penyaringan dari potongan kayu tersebut sehingga ukuran kayu akan seragam.
2. Barker : setelah dari tahap pertama yaitu dilakukan tahap kedua yang mana dalam tahap ini, potongan-potongan dari gelondongan kayu dilakukan pengkulitan yaitu dengan dimasukkan kedalam debarking drums yang prinsip kerjanya gelondongan silinder akan berputar yang mengakibatkan gelondongan kayu ikut berputar dan bergesekan satu dengan yang lain sehingga kulit kayu akan terpisah.
3. Chipper : ketika kulit kayu sudah terpisah maka dilakukan tahap ketiga yaitu chipper dimana pada tahap ini dilakukan pemotongan kembali menjadi ukuran yang lebih kecil yaitu kurang dari 2 cm kemudian dilanjutkan tahap berikutnya yaitu screen.
4. Screen : pada tahap ini potongan kecil kayu dilakukan penyaringan sehingga akan memisahkan potongan kayu yang lebih besar dari target ukuran pada tahap sebelumnya, dan menghilangkan debu mesin potong yang tidak diperlukan.
5. Digester : setelah melalui tahap penyaringan oleh screen, potongan kayu yang disebut chips dimasak dengan larutan kimia. Larutan dan proses pemasakan ini akan melunakkan dan memisahkan serat kayu yang diinginkan dari lignin. Menurut Purba (2009), menyatakan bahwa umumnya proses penghilangan lignin adalah melarutkan pulp kebentuk yang larut dengan air. Sifat lignin pada pulp sangat reaktif sehingga mudah dipengaruhi bahan kimia seperti khlordioksida, oksigen, natrium hidroksida dan hidrogen peroksida.
6. Recovery and Regeneration : pada tahap ini yaitu pemanfaatan proses sampingan kimia inorganik yang diolah ulang dari proses memasak sebelumnya, untuk memasak kembali.
7. Blow Tank : setelah tahap diatas otomatis serat kayu sudah terpisah satu sama lain, dan secara umum dapat disebut pulp atau bubur kertas.
8. Washing : pulp dari tahap diatas tentunya masih kotor sehingga dibutuhkan pencucian, dan tahap ini adalah tahap pencucian dimana mesin cuci ini akan membersihkan sisa-sisa larutan kimia dan ligin yang masih tertinggal.
9.  Bleaching : tahap terakhir ini yaitu proses pemutihan pulp menggunakan bahan kimia pemutih tetapi pada tahap ini hanya tergantung tujuan pada jenis kertas yang akan dibuat. Untuk menghasilkan pulp dengan tingkat keputihan yang tinggi dan stabil dibutuhkan bahan kimia yang diantaranya adalah khlordioksida, oksigen, natrium hidroksida, natrium hypoklorit dan higrogen peroksida (Purba, 2009).