Sunday 22 December 2013

Proses Produksi Minyak Kelapa Sawit



Bahan baku yang digunakan dalam mengolah minyak sawit adalah buah kelapa sawit segar atau biasa disebut tandan buah segar yang diperoleh dari pohon kelapa sawit yang telah berumur lebih dari 3 tahun. Jenis tandan buah segar yang  diolah adalah jenis tenera yang memiliki daging buah tebal, buah tipis dan kandungan minyak yang tinggi. Pada umumnya minyak yang terdapat dipasaran yang berwarna kuning kemerahan berasal dari kulit buah kelapa sawit. Sementara Minyak yang diperoleh dari inti berwarna agak putih kekuningan hampir serupa dengan minyak kelapa.              
Kelapa sawit yang diproses juga harus memenuhi standar bahan baku yang telah ditetapkan perusahaan, yaitu :
1.Buah yang diperoses harus sudah matang, dengan tujuan menjaga mutu produk minyak sawit yang dihasilkan. Buah yang sudah matang adalah buah yang mempunyai minimal 5 brondolan yang terlepas.
2.Kelapa sawit harus diproses paling lambat 48 jam setelah pemanenan. Jika buah diproses setelah lebih dari 48 jam setelah panen akan menyebabkan FFA (free fatty acid) menjadi tinggi dan menurunkan mutu minyak sawit.
Tandan Buah Segar merupakan salah satu unsur penting dalam pelaksanaan proses produksi. Dengan tersedianya TBS dalam jumlah dan waktu yang tepat akan memperlancar  proses produksi perusahaan.


Diagram Alir Pengolahan Minyak Kelapa sawit